Atasi Sengketa Keuangan Syariah dan Industri Halal, Mahkamah Agung dan MUI Tandatangani Nota Kesepahaman

Alfanny | Soliha - Selasa, 2 November 2021, 13:52 WIB

Atasi Sengketa Keuangan Syariah dan Industri Halal, Mahkamah Agung dan MUI Tandatangani Nota KesepahamanAtasi Sengketa Keuangan Syariah dan Industri Halal, Mahkamah Agung dan MUI Tandatangani Nota Kesepahaman/Istimewa

FIXJAKARTA.COM.    Dalam rangka mengembangkan penegakkan hukum berbasis syariah di Indonesia, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Mahkamah Agung  (MA) berkomitmen untuk memperkuat koordinasi dan kerja sama penyelesaian sengketa keuangan syariah dan industri halal.

Komitmen tersebut tertuang dalam Nota Kesepahaman antara Ketua MA, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H, dan Ketua MUI, K.H. Miftachul Akhyar yang telah ditandatangani oleh kedua belah pihak pada  27 Oktober 2021 lalu sebagaimana dilansir dari rilis pada situs Mahkamah Agung yang dikutip FIXJAKARTA.COM.

Ketua MUI, K.H. Miftachul Akhyar mengatakan bahwa Nota Kesepahaman ini bertujuan untuk memangkas permasalahan-permasalahan yang timbul dari sengketa keuangan syariah atau industri halal yang kian marak di Indonesia.   

Sementara itu nota kesepahaman ini disambut baik oleh Mahkamah Agung

"Mahkamah Agung menyambut baik kerja sama ini. Karena Mahkamah Agung merasa terbantu dalam mengurangi sengketa keuangan syariah", tutur Ketua lembaga yudikatif, MA ini.

Baca Juga: https://jakarta.fixindonesia.com/berita/cegah-penyimpangan-mahkamah-agung-pantau-aparat-pengadilan-melalui-mystery-shopper/sWQeigU7RFawR5uVrnmCsc

Ketua Mahkamah Agung mengungkapkan bahwa nota kesepahaman ini merupakan upaya membantu penyelesaian sengketa keuangan syariah. Beliau berharap upaya ini  bisa menjadi bekal untuk ke akhirat nanti.

“Saya harapkan Nota Kesepahaman ini tidak hanya menjadi ibadah kita di dunia namun juga menjadi pahala untuk bekal ke akhirat,” ungkap Guru Besar Universitas Diponegoro tersebut.

Dari perwakilan Mahkamah Agung, hadir bersama Ketua MA, antara lain Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial Dr H Sunarto,SH, MH, Ketua Kamar Agama Dr H Amran Suadi, SH, MH., Ketua Kamar Pembinaan Prof Takdir Rahmadi, SH, LLM, Sekretaris MA Dr Hasbi Hasan, SH, MH, dan Kepala Biro Hukum dan Humas Dr H Sobandi,SH, MH.

Sedangkan dari perwakilan MUI turut hadir Wakil Sekjen MUI Dr Ihsan Abdullah, Ketua Badan Arbitrase Syariah Nasional MUI Prof Dr Zainal Arifin Hosein SH, MH, Wakil Ketua Badan Arbitrase Syariah Nasional MUI, Ahmad Azharuddin Latief, MAg, MH, dan anggota Badan Arbitrase Syariah Nasional MUI Mohammad Hoessein,SH, MH. (soliha/berbagai sumber)

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot