Atasi Lonjakan Covid, Guru Besar FKUI Serukan Gerakan Semesta Tenaga Kesehatan Indonesia

Alfanny - Rabu, 14 Juli 2021, 7:41 WIB

Kampus FKUI SalembaKampus FKUI Salemba/Istimewa

FIXJAKARTA.COM.  Lonjakan Covid-19 yang belum juga terkendali mengundang keprihatinan sejumlah guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).  89 orang guru besar FKUI mengeluarkan rekomendasi dan menyerukan Gerakan Semesta Tenaga Kesehatan Indonesia untuk mengatasi lonjakan covid tersebut.  

"Kami menghimbau seluruh dokter, dokter spesialis, konsultan, perawat, serta tenaga kesehatan lainnya untuk bersama-sama pihak pemerintah pusat, pemerintah daerah, pihak swasta, dan masyarakat untuk melaksanakan Gerakan Semesta Tenaga Kesehatan Indonesia pada masa darurat COVID-19," demikian pernyataan pembuka rilis guru besar FKUI yang diterima FIXJAKARTA.COM pada Selasa 13 Juli 2021. 

"Selain itu, sebagai penghargaan bagi tenaga kesehatan yang telah bekerja keras selama pandemi COVID-19 ini, kami juga menghimbau pemerintah untuk memberikan dukungan penuh kepada tenaga kesehatan maupun masyarakat dalam penanganan pandemi COVID-19," tambah para guru besar FKUI tersebut.

Berikut pernyataan lengkap rekomendasi para guru besar FKUI tersebut.

REKOMENDASI PARA GURU BESAR FKUI GERAKAN SEMESTA TENAGA KESEHATAN INDONESIA
PADA MASA DARURAT COVID-19

Kami, para guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) sangat prihatin dengan situasi pandemi COVID-19 di Indonesia saat ini. Oleh karena itu, kami menghimbau seluruh dokter, dokter spesialis, konsultan, perawat, serta tenaga kesehatan lainnya untuk bersama-sama pihak pemerintah pusat, pemerintah daerah, pihak swasta, dan masyarakat untuk melaksanakan Gerakan Semesta Tenaga Kesehatan Indonesia pada masa darurat COVID-19.

Selain itu, sebagai penghargaan bagi tenaga kesehatan yang telah bekerja keras selama pandemi COVID-19 ini, kami juga menghimbau pemerintah untuk memberikan dukungan penuh kepada tenaga kesehatan maupun masyarakat dalam penanganan pandemi COVID-19.

A. Gerakan semesta seluruh tenaga kesehatan lintas profesi untuk turut membantu program pelayanan COVID-19 sesuai dengan kompetensi masing-masing yang dikoordinasikan oleh Satgas COVID-19 pusat maupun daerah, adapun peran serta dari masing-masing tenaga kesehatan lintas profesi disampaikan pada poin-poin berikut:

1) Dokter

1. Layanan telekonsultasi COVID-19 oleh seluruh dokter, baik dokter umum, dokter spesialis, dokter subspesialis, maupun konsultan yang mengacu pada panduan tatalaksana COVID-19 terkini dari Kementerian Kesehatan maupun Organisasi Profesi terkait dan konsultasi nonCOVID-19 sesuai dengan bidang kompetensi masing-masing.

2. Layanan telemonitoring pasien isolasi mandiri dengan dokter umum dan dokter spesialis praktik mandiri, yang dikoordinasikan oleh IDI cabang bekerja sama dengan Satgas COVID 19 Puskesmas daerah setempat sesuai dengan domisili dokter tersebut tinggal.

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot