Atasi Kelangkaan Oksigen, Pertamina Akan Produksi Oksigen Medis di Kilang Cilacap dan Balongan

Alfanny - Selasa, 20 Juli 2021, 9:04 WIB

OksigenOksigen/bensinkita.com

FIXJAKARTA.COM.  Kelangkaan oksigen medis untuk kebutuhan pasien Covid-19 masih belum teratasi dengan baik. Sejumlah rumah sakit masih mengeluhkan langkanya oksigen di pasaran.  Melihat kondisi tersebut, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) kini melakukan kajian untuk memproduksi Oxygen Standard Medical di dua kilang Pertamina, yakni Refinery Unit (RU) IV Cilacap dan Refinery Unit (RU) VI Balongan. 

"Kemurnian produk oksigen di plant kilang Pertamina masih 35 %. Semantara standard medical harus di atas 90 %. Sehingga perlu melakukan tambahan alat untuk memproduksikan Oxygen Standard Medical," jelas Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Djoko Priyono di website bensinkita.com yang dikutip FIXJAKARTA.COM pada Selasa 20 Juli 2021. 

Lebih lanjut Djoko mengatakan, KPI sudah mendekati beberapa manufactur seperti Atlas Copco, Samator dan Linde untuk memberikan proposal teknis dan harga. Equipment tambahan yang diperlukan KPI harus didatangkan dari luar negeri, yakni berupa modular skid yang langsung bisa dikoneksikan dengan kilang Pertamina.   

“Kapasitas produksi O2 yang dihasilkan bervariasi mulai dari 100 tabung ukuran 1m3 per hari sampai dengan 500 tabung ukuran 1m3 per hari tergantung produksi dari manufaktur tersebut,” jelas Djoko.

Sementara terkait masalah pemasaran masih didiskusikan dengan PPN (Pertamina Patra Niaga).

“Masalah penjualan belum kita diskusikan dengan PPN, yang jelas untuk upaya kilang bisa produksi oxygen standard medical yang bisa dideliver ke Rumah sakit  yang memerlukannya,” ucap Djoko. 

Komisaris Utama PT Pertamina Patra Niaga (PPN) Sumanggar Milton Pakpahan mengatakan bahwa saat ini Subholding Pertamina sedang mengkaji untuk memproduksi oksigen medis. Dalam hal ini, PT Pertamina Patra Niaga mendukung dalam distribusinya. 

Menurut Milton Pakpahan, Pertamina Patra Niaga perlu menyiapkan keagenan oksigen dengan membangun SPBO (Stasiun Pengisian Bahan Oksigen). 

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot