Asrama Haji se-Indonesia Siap Digunakan untuk Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Alfanny - Senin, 21 Juni 2021, 16:52 WIB

Asrama HajiAsrama Haji/Istimewa

FIXJAKARTA.COM.   Kementerian Agama RI menyatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan sejumlah asrama haji di berbagai daerah untuk menjadi tempat isolasi mandiri pasien Covid-19. 

“Tahun 2020, asrama haji pernah digunakan sebagai ruang isolasi Covid-19. Tahun ini, Menag Yaqut Cholil Qoumas sudah mengizinkan digunakannya kembali asrama haji sebagai ruang isolasi Covid-19,”  tegas Khoirizi, di Jakarta, Senin 21 Juni 2021 sebagaimana dikutip FIXJAKARTA.COM.   

Dijelaskan Khoirizi, setidaknya ada 27 dari 31 asrama haji di seluruh Indonesia yang siap digunakan untuk penanganan pasien.     Para Kepala Asrama Haji, kata Khoirizi, selama ini sudah berkoordinasi dengan Satuan Tugas Covid-19 di wilayah masing-masing terkait dengan urgensi dan teknis penggunaannya. Asrama Haji Pondok Gede Jakarta misalnya, penyiapannya sudah dilakukan bersama dengan Satgas Covid DKI Jakarta. Bahkan, kesiapannya juga sudah ditinjau oleh Sekda DKI dan Pangdam Jaya.   

“Ada dua gedung di Asrama Haji Pondok Gede yang akan disiapkan sebagai ruang isolasi,” ujarnya. 

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak RS Haji Jakarta untuk menyiapkan ruang isolasi agar sesuai standar Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Kementerian Kesehatan, bahkan WHO.   

“Setiap pasien menempati satu kamar, satu tempat tidur. Tidak digabung dengan standar pelayanan kasus di bawah pengawasan tenaga kesehatan,” tandasnya. (Alf/Diolah dari kemenag.go.id)

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot