Arab Saudi Evakuasi Warganya dari RI, Yon Mahmudi, Ph.D: Data Covid Harus Transparan

Alfanny - Kamis, 22 Juli 2021, 17:03 WIB

Yon Mahmudi, Ph.DYon Mahmudi, Ph.D/Pribadi

FIXJAKARTA.COM.   Keputusan pemerintah Arab Saudi yang sejak Rabu 21 Juli 2021 meminta warganya untuk segera meninggalkan Indonesia dinilai pengamat politik Timur Tengah dari Universitas Indonesia (UI) Yon Mahmudi, Ph.D sebagai indikator bahwa dunia luar sudah melihat kondisi pandemi Indonesia sudah mengkhawatirkan.   

"Saudi meminta warganya meninggalkan Indonesia setelah Jepang melakukan hal sama," ujar Yon kepada reporter FIXJAKARTA.COM pada Kamis 22 Juli 2021. 

Menurut Yon, kekurangjelasan informasi mengenai penanganan covid di Indonesia menjadi faktor mulai banyaknya warga negara asing meninggalkan Indonesia.

"Ditambah lagi rumah-rumah sakit sudah tidak mampu lagi menangani pasien-pasien baru. Bagi warga asing, termasuk Arab Saudi kondisi seperti ini sudah darurat makanya mereka meminta warganya meninggalkan Indonesia," tambah Yon yang merupakan dosen di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Indonesia.   

Lebih lanjut Yon menambahkan agar pemerintah secara transparan menjelaskan perkembangan penanganan covid kepada publik. 

"Testing dan tracing harus diperluas agar kasus-kasus baru memang mencerminkan kondisi kasus riil di lapangan.  Apakah memang sudah melandai atau malah belum mencapai puncaknya," tandas Yon yang menyelesaikan studi doktoralnya di The Australian National University (ANU).  

Kepastian dan transparansi data covid menjadi penting agar pemerintah memperoleh kepercayaan masyarakat. Yon optimis bila pemerintah bisa memberikan data yang transparan, maka kesadaran masyarakat akan meningkat dan akan membantu penanganan pandemi. 

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot