Apa Manfaat Daftar SIMAS untuk Masjid dan Mushalla

Aris Moza | Alfanny - Jumat, 21 Mei 2021, 21:59 WIB

SimasSimas/kemenag.go.id

FIXJAKARTA.COM. Apakah ada sahabat FIXJakarta yang menjadi tamir masjid atau pegiat masjid? ada info menarik nih. Kementerian Agama melalui Direktorat jenderal Bimbingan Masyarakat Islam sedang melakukan pendataan masjid dan musala di seluruh Indonesia. Tujuannya untuk memudahkan akses publik dan terintegrasinya masjid dan musala dengan Kementerian Agama. Pendataan tersebut dilakukan secara online melalui aplikasi Sistem Informasi Masjid (SIMAS) pada laman simas.kemenag.go.id.

Dikutip dari laman resmi kementerian Agama RI Kepala Subdit Kemasjidan Abdul Syukur mengatakan ada banyak manfaat yang akan diperoleh bila masjid dan musala terdaftar di SIMAS

1. Memiliki ID Nasional Masjid tentu akan secara otomatis terintegrasi dengan sistem layanan pemerintah.

2. Data pada SIMAS juga sudah dilengkapi dengan GIS (Geographic Information System). Sehingga lokasi masjid/musala dapat dipetakan dengan tingkat akurasi yang baik di atas peta dunia (citra satelit).

3. Memudahkan rekomendasi permohonan bantuan dan memperoleh Surat Keterangan Terdaftar (SKT) SIMAS untuk membuka Rekening Bank Syariah Indonesia (BSI) atas nama masjid/musala. 

4. Memiliki media sosial digital yang dapat diakses masyarakat. Mulai dari stiker QR Code profil masjid, serta terinput dalam aplikasi INFO MASJID berbasis android serta aplikasi manajemen masjid yang saat ini sedang dalam tahap pengembangan.

5. Masjid atau musala dapat ikut serta dalam program dan layanan kemasjidan secara nasional. 

Nah untuk cara melakukan pendaftaran Masjid atau Musala ke SIMAS dapat dilakukan melalui operator SIMAS di Kantor Urusan Agama (KUA) atau Kemenag terdekat dengan membawa sejumlah persyaratan. 

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot