Apa Kabar Revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM)?

Alfanny | Anuri Furqon - Jumat, 5 November 2021, 21:11 WIB

Apa Kabar Revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM)?Apa Kabar Revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM)?/@DKIJakarta

FIXJAKARTA.COM. Setelah sekian lama tidak terdengar kabarnya, Pemprov DKI Jakarta merilis sejumlah foto baru progres revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) di akun twitternya @DKIJakarta pada Jumat 5 November 2021. 

Akun twitter @DKIJakarta memposting tiga foto Gedung Panjang TIM dari luar dan satu foto suasana di dalam Gedung Panjang TIM. Terlihat progres revitalisasi yang telah berjalan dua tahun tersebut sudah menuju hasil akhir

Di Gedung Panjang TIM tersebut, rencananya akan ditempatkan Perpustakaan Daerah atau Pusat Dokumentasi Sastra HB. Jassin di Taman Ismail Marzuki (TIM). 

"Gedung Panjang TIM terdiri dari 14 lantai dan akan menjadi bangunan tertinggi di kawasan TIM," tulis akun facebook Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada Jumat 5 November 2021 yang dikutip FIXJAKARTA.COM. 

Selain sebagai perpustakaan daerah, bangunan megah tersebut nantinya juga akan difungsikan sebagai Galeri Seni terbuka dan Kafetaria pada lantai 1-2, Wisma Seni di lantai 8-12, Ruang Komite Seni dan Kantor Pengelola TIM pada lantai 13-14. ⁣ 

Gedung tersebut  nantinya akan memiliki kapasitas 139 unit tempat tidur yang bisa digunakan oleh tamu dan para pegiat seni yang akan tampil di Taman Ismail Marzuki.

Fasilitas lainnya adalah Planetarium dan Pusat Pelatihan Seni. Planetarium adalah bangunan yang paling tua dan berstatus sebagai cagar budaya dari semua bangunan yang ada di TIM. 

Dengan status sebagai cagar budaya membuat proses revitalisasi di Planetarium yang berbentuk kubah ini terbatas hanya di bagian interiornya saja.

Sementara itu fasilitas lainnya seperti Masjid Amir Hamzah dan Gedung Teater Besar relatif tidak mengalami revitalisasi besar. Teater besar berkapasitas 1.200 kursi dan teater kecil mempunyai daya tampung 200 kursi.

Bagi anda yang penasaran, Taman Ismail Marzuki (TIM) dibuka untuk umum setiap Kamis sehingga masyarakat dapat melihat progres pembangunan revitalisasi TIM di dalam area proyek.

Para pelaku seni mulai dari konten kreator, Youtuber, pegiat foto udara, media, komunitas, hingga warga biasa, dapat memasuki area proyek revitalisasi TIM setiap Kamis, pukul 15.00 hingga 17.00 WIB.

Masyarakat yang tertarik melihat progres pembangunan TIM dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu di tautan bit.ly/kunjungan TIM yang tertera pada bio akun @wajahbaru_tim. Jumlah peserta yang diizinkan untuk setiap kunjungan terbatas, hanya sebanyak 10 orang.

Jika kuota sudah penuh maka registrasi akan ditutup. Pengunjung diwajibkan untuk menunjukkan sertifikat vaksin, minimal satu dosis, membawa tumbler isi air minum, serta membawa sepatu proyek (safety). 

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot