Apa Dampak Kemenangan Taliban di Afghanistan terhadap Indonesia? Cek Komentar Pengamat Terorisme

Abdul Rohman - Senin, 28 Juni 2021, 20:53 WIB

Ilustrasi Kelompok Taliban di AfghanistanIlustrasi Kelompok Taliban di Afghanistan/flickr.com

FIXJAKARTA.COM – Kelompok Taliban telah kembali menguasai sepertiga wilayah Afghanistan ketika penarikan tentara Amerika Serikat dan sekutunya masih berlangsung sehingga mengancam posisi pemerintahan yang sah di Kabul saat ini.

Menurut Dr. M. Syauqillah, pengamat terorisme dari Universitas Indonesia (UI), kemenangan Taliban tersebut berdampak terhadap perkembangan sel-sel teroris di Indonesia.

“Bagaimanapun, geopolitik global akan berpengaruh bagi gerakan radikal teror di Indonesia. Semenjak kelompok Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS) dihancurkan, sel-sel teroris ini berpencar menuju Khurasan dan Filipina untuk menjadikannya ladang teror baru,” urai Kepala Program Studi Terorisme UI tersebut.

Menurutnya, tidak bisa dinafikan, gerakan teror ini berpotensi pergi ke Afghanistan yang telah dikuasai Taliban karena sel-sel teroris tersebut selalu mencari medan jihad baru.

“Di Indonesia, operasi Densus 88 sangat masif dan dinilai cukup berhasil untuk pencegahan aksi terorisme. Maka mereka (sel-sel teroris) ingin mencari medan jihad baru untuk aksi gerakan teror, dan secara historis, mereka telah mempunyai jejak di Afghanistan pada era tahun 1980-an,” ujarnya kepada reporter FIXJAKARTA.COM pada hari Senin, 28 Juni 2021.

Editor: Alfanny | Abdul Rohman

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot