Anugerah Jurnalistik MH Thamrin, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan: Pemberitaan Media Harus Objektif

Sukarno | Abdul Rohman - Kamis, 26 Agustus 2021, 17:41 WIB

null/@aniesbaswedan

FIXJAKARTA.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi penyelenggaraan Anugerah Jurnalistik Mohammad Husni Thamrin Ke-47 di Balai Kota pada 25 Agustus 2021.

Dalam sambutannya, Gubernur Anies meminta dan berharap media massa untuk terus menjaga objektivitasnya dalam setiap pemberitaan.

Ia juga mengajak seluruh hadirin untuk melihat kembali peran media dari era Orde Baru hingga sekarang, di mana telah banyak mengalami perubahan.

“Kita pernah rasakan era Orde Baru, di mana Pemerintah melalui Departemen Penerangan menyampaikan berbagai info terkait pembangunan, kita semua menengok atau merujuk ke media dan media menjadi yang mengonfirmasi. Media sebagai referensi untuk cek kebenaran info tersebut," ujar Anies.

Gubernur DKI itu juga menambahkan, dengan objektivitas media, rasa percaya diri masyarakat akan membuat media tetap jadi rujukan.

“Kami berharap melalui itu semua dapat menjadi bahan yang membangun optimisme masyarakat bahwa 'ya, kota ini punya masalah lintas waktu, tetapi setahap demi setahap kita ikhtiarkan untuk menyelesaikan masalah yang ada,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Dewan Juri Anugerah Jurnalistik Mohammad Husni Thamrin 2021, Irmanto, menyampaikan, gelaran tahun ini diikuti oleh peserta yang beragam. Tidak hanya didominasi oleh media massa mainstream, tetapi juga media baru.

"Tentunya, media baru ini yang sudah berbadan hukum. Sehingga, pesertanya banyak. Tema yang diangkat juga beragam. Tidak lagi didominasi oleh banjir seperti tahun-tahun sebelumnya, tetapi penanganan pandemi juga banyak yang mengangkatnya," terangnya.

Editor: Abdul Rohman

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot