Antara Bibit Waluyo, Ganjar, dan Jokowi

Senja Bagus Ananda | Sukarno - Kamis, 27 Mei 2021, 6:24 WIB

Ganjar Pranowo dan Bibit WaluyoGanjar Pranowo dan Bibit Waluyo/humas.jatengprov.go.id

FIXJAKARTA.COM - Masyarakat Jawa Tengah tentu tidak asing dengan nama-nama yang menjadi judul artikel ini. Mereka bertiga adalah putra sekaligus pemimpin dari Jawa Tengah yang namanya cukup dikenal.

Jokowi saat ini merupakan Presiden RI, Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jateng, dan Bibit Waluyo adalah mantan rival dua nama yang disebutkan sebelumnya. Bisa diasumsikan Bibit Waluyo merupakan dewi fortuna buat mereka berdua. Tanpa rivalitas dengan Bibit Waluyo, mungkin Jokowi tidak terdongkrak popularitasnya ketika menjabat walikota. Begitupun Ganjar yang saat itu hanyalah memiliki angka elektoral sebesar 3%, yang kalah populer dengan Bibit Waluyo.

Popularitas Jokowi yang saat itu walikota mulai melambung ke tingkat nasional ketika dirinya berseteru dengan Bibit Waluyo, Gubernur Jawa Tengah kala itu. Jokowi memprotes pembangunan mal di lahan bekas pabrik es yang bersejarah. Tak dinyana, Bibit Waluyo sebagai atasan Jokowi justru memarahi Jokowi sebagai "walikota bodoh". Hinaan terhadap Jokowi sempat membuat sebagian masyarakat Solo marah dan mengancam akan menolak kehadiran Bibit Waluyo di kota itu.

Pemberitaan atas perseteruan itu menjadi sorotan publik yang luas. Jokowi yang hanya walikota Solo tiba-tiba menjadi buah bibir manis di tingkat nasional. Menjelang pilkada Ibukota DKI, nama Jokowi pun disodorkan ke pimpinan PDIP untuk dicalonkan menjadi gubernur. Kemudian ia menang pilkada dan selama kepemimpinannya di DKI, Jokowi sukses besar. Setelahnya, Jokowi melenggang ke pemilu menuju kursi RI-1.

Editor: Senja Bagus Ananda

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot