Anies Peringati Rapat Raksasa IKADA

Alfaryandi | Abdul Rohman - Senin, 20 September 2021, 20:58 WIB

null/Instagram: aniesbaswedan

FIXJAKARTA.COM - Ketika Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar upacara peringatan Rapat Raksasa IKADA yang terjadi 76 tahun lalu, pada tanggal 19 September 1945, Anies mengungkapkan bahwa ada sekitar 300 ribu orang yang hadir pada saat itu.

"Itu merupakan setengah dari penduduk Jakarta yang berjumlah 623 ribu. Mereka berkumpul di Lapangan Ikada, yang kita kenal sebagai Monas sekarang," ujar Anies di akun facebook-nya yang dikutip FIXJAKARTA.COM.

“Ibu, Bapak, Saudara, bayangkan ada sebuah kota, separuh penduduknya berkumpul di sebuah lapangan menyatakan kepada dunia bahwa kami memang buta huruf, memang miskin, memang belum bersekolah, tapi kami punya harga diri dan kami tidak akan membiarkan republik ini dijajah kembali,” sambung Anies.

Menurut Anies, pesan itu mengubah persepsi tentang proklamasi yang dianggap hanya ciptaan mereka yang tergabung dalam BPUPKI dan PPKI yang notabene merupakan kaum terpelajar.

"Peristiwa IKADA menjadi dorongan moral kebangkitan kekuatan rakyat yang kemudian menginspirasi kebangkitan rakyat di seluruh Indonesia. Peristiwa November di Surabaya, Palagan Ambarawa, peristiwa Bandung,” ungkapnya.

"Pekik merdeka atau mati menggelora di antara ratusan ribu orang. Bisa dibayangkan betapa menggugahnya peristiwa itu. Di sanalah kemudian rentetan ini menjadi peristiwa luar biasa bersejarah," lanjut Anies.

Anies mengajak masyarakat untuk bersama meneruskan tujuan bernegara yang dicita-citakan oleh pendahulu kita pada saat mereka datang ke lapangan Ikada.

"Kita tuntaskan dengan semangat kolaborasi, dan Insya Allah mengantarkan kita pada kerja kolosal mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia," pungkas Anies. (ryan)

Editor: Abdul Rohman

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot