Angka Kematian Pasien Covid Isolasi Mandiri Tinggi. Apa Solusinya?

Alfanny - Kamis, 22 Juli 2021, 6:57 WIB

Ilustrasi tempat isolasi pasien CovidIlustrasi tempat isolasi pasien Covid/@anies baswedan

FIXJAKARTA.COM.   Isolasi pasien Covid-19 sebaiknya dilakukan terpusat dan diawasi dengan ketat karena penderita Covid yang memilih menjalani isolasi mandiri karena tanpa gejala bisa memburuk dengan cepat dengan tiba-tiba. 

"Mungkin itu yang menyebabkan tingginya angka kematian pada mereka yang isoman (isolasi mandiri) di rumah," cuit akun @blogdokter pada Rabu 21 Juli 2021 yang dikutip FIXJAKARTA.COM.

Akun @blogdokter juga mengungkapkan bahwa telemedicine tidak bisa mengatasi dengan cepat perburukan pasien isoman karena sifatnya yang pasif menunggu informasi dari keluarga pasien dan tidak bisa langsung memeriksa kondisi pasien.

"Selain dipantau kondisinya, isolasi terpusat juga mencegah pasien yang diisolasi 'berkeliaran' karena kebutuhan hidupnya tidak bisa terpenuhi," pungkas @blogdokter.

Sementara itu pemerintah terus menambah fasilitas isolasi bagi penderita Covid dengan gejala ringan dan tanpa gejala.  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang mempersiapkan GOR (Gelanggang Olah Raga) di Matraman Jakarta Timur sebagai tempat isolasi terpusat yang direncanakan bisa dioperasikan beberapa hari ke depan.   Padatnya pemukiman dan rumah-rumah warga yang sempit di banyak tempat di Jakarta menyebabkan isolasi mandiri sulit dilakukan. 

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot