Anggota Komisi Fatwa MUI Ditangkap, Apa Kata Ketua MUI KH Cholil Nafis?

Alfanny - Rabu, 17 November 2021, 13:45 WIB

Anggota Komisi Fatwa MUI Ditangkap, Apa Kata Ketua MUI KH Cholil Nafis?Anggota Komisi Fatwa MUI Ditangkap, Apa Kata Ketua MUI KH Cholil Nafis?/Istimewa

FIXJAKARTA.COM.   Seorang anggota Komisi Fatwa MUI Pusat, Ahmad Zain An-Najah, ditangkap kemarin pagi, Selasa 16 November 2021. Dia ditangkap oleh Densus 88 Antiteror Polri, bersama Farid Okbah dan Anung Al-Hamat. 

Dari tiga terduga ini, yang pertama kali ditangkap adalah Farid. Ia ditangkap Densus 88 Antiteror Polri sesaat setelah menunaikan ibadah salat subuh di kediamannya di Jatiasih, Bekasi. Tim kepolisian juga sempat melakukan penggeledahan di kediaman Farid. 

Terkait Ahmad Zain yang merupakan anggota komisi fatwa MUI, polisi menyebut Zain juga merupakan anggota Dewan Syuro dalam jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI) dan juga Ketua Dewan Syariah Lembaga Amil Zakat Baitul Maal Abdurrahman Bin Auf (LAZ BM ABA).

"Yang bersangkutan keterlibatannya adalah sebagai Dewan Syuro Jamaah Islamiyah. Kemudian selain itu, yang bersangkutan ketua Dewan Syariah Lembaga Amal Zakat BM ABA," Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan kepada wartawan. 

Diketahui, Lembaga Amil Zakat Baitul Maal Abdurrahman Bin Auf selama ini menyebarkan ratusan kotak amal di Lampung guna menggalang dana untuk kegiatan terorisme. Selain itu, penggalangan dana juga dilakukan lewat perkebunan kurma. 

Menanggapi penangkapan anggota komisi fatwanya, Ketua MUI Cholil Nafis angkat bicara terkait hal itu. 

Menurutnya pelanggaran yang dilakukan Ahmad Zain tidak akan ditolerir. Zain akan diberhentikan dari keanggotaan komisi fatwa MUI 

"Kami mendukung penegakan hukum dan pemberantasan terorisme di Indonesia. Tegakan hukum denga  tegas dan seadil-adilnya. MUI juga telah mengeluarkan fatwa anti terorisme dan membentuk Badan anti terorisme untuk menanggulanginya. Ia yang ditangkap dinonaktifkan dari anggota Komisi Fatwa MUI," kata Cholil dalam akun twitter pribadinya, @cholilnafis, seperti yang dikutip FIXJAKARTA.COM. 

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot