Al Aqsa Membara, Palestina akan Intifadha Jilid 2?

Alfanny - Selasa, 11 Mei 2021, 10:57 WIB

Dr. Yon MahmudiDr. Yon Mahmudi/pribadi

FIXJAKARTA.COM. Dalam beberapa hari terakhir ini, situasi di kawasan Masjid Al Aqsa Yerussalem, Palestina semakin panas membara menyusul bentrokan polisi Israel dengan jamaah shalat tarawih di Al Aqsa. sejak Sabtu 8 Mei 2021  Pengamat Timur Tengah dari Universitas Indonesia (UI) Dr. Yon Mahmudi mencemaskan akan terjadi aksi intifadha jilid 2 bila eskalasi bentrokan semakin meningkat dan meluas ke seluruh wilayah pendudukan Israel.

"Israel harus segera menghentikan tindak kekerasan di Al Aqsa dan juga menghentikan proyek ilegal pendudukan dan pembangunan pemukiman baru di Yerussalem", tandas Yon Mahmudi melalui sambungan telepon. 

Yon menambahkan bahwa perundingan perdamaian harus segera dimulai kembali dalam framework two states solution. Sebagai negara berpenduduk mayoritas muslim terbesar di dunia, RI bisa memainkan peran yang lebih strategis dengan membuka komunikasi intensif dengan Uni Eropa, Rusia dan AS untuk mewujudkan perdamaian di Palestina.

"Juga jangan lupakan komunikasi dengan Amerika Serikat (AS), sebab selama ini AS dikenal sebagai negara yang kerapkali memveto setiap resolusi Dewan Keamanan PBB yang merugikan Israel", tutup Yon. 

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot