Ada Kelompok Yahudi Anti Israel? Cek Artikel Ini.

Alfanny - Jumat, 14 Mei 2021, 21:42 WIB

Neturei KartaNeturei Karta/Istimewa

FIXJAKARTA.COM. Meskipun Israel tampak superior dalam sejumlah perang melawan negara-negara Arab dan Palestina, namun ternyata tidak semua orang Yahudi mendukung politik zionisme Israel tersebut. Salah satu kelompok Yahudi yang dikenal anti zionisme adalah Neturei Karta.

Neturei Karta  berarti "Penjaga Kota" dalam bahasa Aram. Kelompok ini adalah kelompok religius Yahudi yang dibentuk di Yerusalem pada tahun 1938. Neturei Karta menentang Zionisme dan  pembentukan Negara Israel, dengan keyakinan bahwa orang-orang Yahudi dilarang memiliki negara sendiri sampai kedatangan Mesias Yahudi.

Neturei Karta berangkat dari keyakinan Haredim (salah satu cabang dari komunitas Yahudi Ortodoks). Mereka menganggap bahwa segala upaya pendirian Israel merupakan penentangan terhadap kehendak Tuhan. Dalam pandangan mereka Zionisme adalah perilaku sombong dihadapan Tuhan. Selain anti zionisme, Neturei Karta juga penentang Holocaust. Bagi mereka Holocaust yang memakan korban jutaan itu adalah bentuk murka Tuhan terhadap kaum Yahudi yang tak saleh.

Di Palestina, kiprah gerakan ini nyata memberikan pada dukungan terhadap PLO. Bahkan salah satu tokohnya, Mosche Hirsch, menjadi menteri Palestina di era Yasser Arafat. Di luar Palestina, Sikap kelompok ini ditunjukkan dalam aksi-aksi anti-Zionisme dan pro-Palestina mulai dari kota New York, Berlin, hingga ke London. Seperti contohnya di saat Presiden Iran Mahmoud Abbas berpidato mengecam Israel di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa tanggal 30 September 2015, di luar gedung berkumpul para anggota Neturei Karta yang menggelar aksi damai mendukung Palestina.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa konflik Palestina-Israel tidak bernuansa hitam-putih namun sangat berwarna. (ano)

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot