Ada Apa Di Balik Penutupan TPU Selama Lebaran? Ansor: Jangan-jangan Karena Pengaruh Kelompok Yang Haramkan Ziarah Kubur

Alfanny - Jumat, 14 Mei 2021, 13:30 WIB

TPU Tegal AlurTPU Tegal Alur/barat.jakarta.go.id

FIXJAKARTA.COM. Penutupan TPU (Tempat Pemakaman Umum) selama musim lebaran tahun ini diprotes banyak warga masyarakat yang urtin berziarah ke makam orang tua dan kerabatnya pada saat lebaran.  Hari ini Jumat 14 Mei 2021, pagar TPU Tegal Alur, Jakarta Barat sempat jebol sejumlah pengunjung yang ingin berziarah. Penutupan TPU ini juga dicurigai Ketua PW GP Ansor DKI Jakarta Saiful Dasuki bukan semata alasan mencegah penyebaran Covid-19, tetapi juga dipengaruhi kelompok-kelompok radikal tertentu yang selama ini memang mengharamkan ziarah kubur.

"Kami mencurigai ada kelompok-kelompok tertentu di balik kebijakan penutupan TPU selama lebaran ini. Jangan-jangan kebijakan tersebut dipengaruhi kelompok-kelompok tertentu yang selama ini mengharamkan tradisi ziarah kubur sebagian besar masyarakat muslim Indonesia", ujar Saiful Dasuki.

Ansor mendesak Pemprov DKI mengevaluasi kebijakan penutupan TPU tersebut dan menyarankan agar Pemprov DKI mengizinkan masyarakat berziarah dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"Ansor siap mengerahkan ribuan Banser se-DKI Jakarta guna mendukung Pemprov DKI mengawasi penerapan protokol kesehatan di TPU-TPU yang ada di Jakarta", pungkas Saiful menutup wawancara dengan reporter FIXJAKARTA.COM.

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot