Ada 7 Juta Petani dan Pekerja Tembakau, Anggota DPR Daniel Johan Tolak Kenaikan Cukai Rokok

Alfanny - Senin, 6 September 2021, 6:47 WIB

ilustrasi petani tembakauilustrasi petani tembakau/Istimewa

FIXJAKARTA.COM.  Anggota Komisi IV DPR Daniel Johan mendesak pemerintah untuk tidak menaikkan cukai rokok dalam waktu dekat mengingat ada jutaan petani dan pekerja tembakau yang akan terdampak oleh kenaikan cukai rokok tersebut. 

"Ada sekitar 7 juta petani dan pekerja yang menggantungkan hidupnya dari tembakau. Bila kenaikan cukai rokok dilakukan, maka penyerapan hasil panen akan anjlok 30%," ujar Daniel Johan pada Minggu 5 September 2021 di akun twitternya @DanielJohanw yang dikutip FIXJAKARTA.COM.  

Menurut Daniel, kenaikan cukai saat ini tidak tepat dan akan membebani kehidupan sosial masyarakat.

Sementara itu Gerakan Kebangkitan Tani dan Nelayan Indonesia (Gerbang Tani) Temanggung juga menolak tegas rencana kenaikan cukai rokok tersebut.

Bersama koalisi petani, Gapoktan dan pedagang tembakau lereng Gunung Sumbing, Gerbang Tani menggelar doa bersama dan ritual tolak balak agar rencana kenaikan cukai tembakau dibatalkan. 

Ritual tolak balak digelar di Pendopo Komplek Tuk Budaya, Desa Losari, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, Jumat 3 September 2021  tadi yang diikuti puluhan petani tembakau.

Menurut Ketua Gerbang Tani Temanggung Noer ahsan, ritual tolak balak ini sebagai wujud protes dan kekecewaan petani tembakau akan rencana pemerintah menaikkan cukai tembakau. (Alf/Diolah dari berbagai sumber)


Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot