Achmad Zaky, Triliuner Dari Generasi Millenial. Berapa Kekayaannya?

Sukarno | Abdul Rohman - Senin, 9 Agustus 2021, 18:09 WIB

Achmad ZakyCo-founder BukaLapak, Achmad Zaky/Instagram: achmadzaky

FIXJAKARTA.COM - Saat ini, triliuner tidak lagi didominasi oleh sosok-sosok sepuh atau yang berusia paruh baya. Pengusaha muda asal Sragen, Jawa Tengah, Achmad Zaky, kini menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia setelah harga saham emiten startup e-commerce PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) melesat hingga menyentuh batas auto rejection atas (ARA) sesaat setelah bel pembukaan pasar Senin 9 Agustus 2021.

Pria berusia 34 tahun alumnus ITB jurusan Teknik Informatika ini kekayaannya bertambah Rp 935,03 miliar atau hampir Rp 1 Triliun hanya dalam tempo sehari.

Achmad Zaky merupakan pemilik 4.452.515.674 saham dalam prospektus Initial Public Offering (IPO) perusahaan e-commerce Bukalapak yang didirikannya.

Sebagai informasi, animo investor ritel terhadap saham BUKA memang sangat tinggi. Bahkan penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) yang mencapai Rp 22 triliun merupakan IPO terbesar sepanjang sejarah BEI.

Pada IPO di hari Jumat lalu pukul 09.10 WIB, antrean untuk membeli saham BUKA di harga Rp 1.060/saham mencapai 13.587.174 lot yang setara dengan 25% dari modal ditempatkan dan disetor perseroan.

Sementara harga penawaran perdana ditetapkan di angka penawaran Rp 850/unit, namun melesat hingga menyentuh level Rp 1.060 per saham atau naik 24,71%. Kenaikan yang signifikan ini membuatnya terkena penolakan otomatis atau auto rejection.

Dari penjualan saham tersebut, total dana yang diraup mencapai Rp 21,9 triliun.

Saat ini nilai kapitalisasi pasar (market cap) saham BUKA mencapai Rp 136,56 triliun.

Editor: Abdul Rohman

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot