Abaikan Seruan Pemerintah, MUI dan Ormas Islam, Sejumlah Masjid dan Lapangan Tetap Gelar Salat Iduladha Tanpa Prokes Ketat

Alfanny - Selasa, 20 Juli 2021, 16:04 WIB

Salat Iduladha di Pangkalan Pasir CilincingSalat Iduladha di Pangkalan Pasir Cilincing/@anggabdjnt

FIXJAKARTA.COM.   Walaupun pemerintah baik pemerintah pusat dan daerah serta Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Ormas-ormas Islam seperti NU dan Muhammadiyah sudah menyerukan umat Islam untuk melaksanakan salat Iduladha di rumah, namun sejumlah masjid di Jabodetabek tetap menggelar salat Iduladha berjamaah.

Dari pemantauan kru FIXJAKARTA.COM di sejumlah tempat serta laporan pandangan mata dari berbagai sumber, sejumlah masjid di Jabodetabek tetap menggelar salat Iduladha tanpa protokol kesehatan yang ketat dan bahkan beberapa jamaah terlihat tidak menggunakan masker. 

Sejumlah netizen pun menyesalkan masih adanya masjid di wilayah PPKM Darurat yang menggelar salat Iduladha berjamaah.

"Entah gimana lagi caranya agar masyarakat mau ngerti dan bekerja sama dalam pandemi ini. Awal varian delta di India dimulai dari acara keagamaan, rendahnya tingkat vaksinasi dan acara pemilu. Benar-benar lelah rasanya," cuit seorang netizen dengan akun twitter @Just_JeJe mereply berita sebuah media yang memberitakan pelaksanaan salat Iduladha di Johar Baru Jakarta Pusat yang digelar tanpa prokes ketat.

Masjid lain yang terpantau menggelar salat Iduladha antara lain Masjid Nurul Hikmah di Bekasi Barat, 2 masjid di Ciputat dan lokasi lainnya.  Sementara itu lapangan yangb terpantau melaksanakan salat Iduladha adalah lapangan di Pangkalan Pasir, Cilincing Jakarta Utara. 

Sementara itu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta agar para pengurus masjid menyadari bahwa rumah sakit saat ini sudah penuh.  Anies mengingatkan bahwa ini bukan hanya soal pelarangan saja, namun untuk menghindari potensi penularan yang tinggi. (Alf/Diolah dari berbagai sumber)

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot