37 Terduga Teroris Ditangkap, Pengamat Terorisme Dr. Syauqillah: Itu Antisipasi, Agustus Sering Terjadi Tindakan Teror

Alfanny - Minggu, 15 Agustus 2021, 17:07 WIB

Densus 88Densus 88/Istimewa

FIXJAKARTA.COM.  Ditangkapnya 37 orang terduga teroris di 10 provinsi oleh Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri belakangan ini dinilai pengamat terorisme Dr. Syauqillah sebagai antisipasi mengingat pada tahun-tahun lalu sering terjadi tindakan terorisme di bulan Agustus. 

"Bulan Agustus dan Ramadhan menjadi bulan favorit para teroris untuk melakukan aksi terorisme. Oleh karena itu aparat melakukan antisipasi untuk mencegah terjadinya tindakan teror," ujar Dr. Syauqillah kepada reporter FIXJAKARTA.COM pada Minggu 15 Agustus 2021. 

37 terduga teroris tersebut terjaring dalam operasi pencegahan dan penindakan terorisme yang berlangsung di sejumlah wilayah. Sebagian besar merupakan anggota kelompok Jamaah Islamiah (JI).

Menurut Syauqillah, tertangkapnya para anggota JI tersebut disebabkan JI berjejaring antara satu dengan yang lainnya. 

"Sehingga perencanaan terornya mudah sekali diendus aparat. Hal ini berbeda dengan modus operandi yang sporadis seperti JAD (Jamaah Anshorud Daulah)," pungkas Syauqillah yang merupakan ketua program studi kajian terorisme di SKSG (Sekolah Kajian Stratejik dan Global) Universitas Indonesia. 

Editor: Alfanny | Abdul Rohman

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot