3 Alasan Kenapa Harus Kuliah S2

Alfanny - Rabu, 23 Juni 2021, 9:46 WIB

S2 UIS2 UI/@universitasindonesia

FIXJAKARTA.COM.   Setelah menempuh pendidikan S1, banyak orang yang bingung apakah ia harus bekerja terlebih dulu untuk mencari pengalaman ataukah langsung lanjut S2.   Namun, di tengah tantangan dunia kerja yang semakin kompleks serta semakin banyaknya lulusan sarjana, maka tidak ada salahnya bila setelah lulus S1, kita langsung melanjutkan kuliah S2.

Berikut 3 Alasan kenapa kita harus langsung melanjutkan kuliah S2:

1.   Masih muda 

Saat kamu baru lulus S1, usiamu masih tergolong muda di usia 22-23 tahun. Pikiranmu masih fresh sehingga kamu bisa lebih mudah memahami materi jika langsung lanjut kuliah S2.   Beberapa beasiswa S2 juga mensyaratkan batas usia tertentu. 

2. Bisa mendalami ilmu dan peminatan tertentu

Di perkuliahan sarjana atau S1 walaupun sudah ada peminatan, tapi tentunya masih belum sedalam materi perkuliahan S2. Saat kamu mengambil peminatan atau konsentrasi tertentu saat S2, kamu bisa lebih menguasai bidang tersebut. Hal ini akan menjadi keunggulan komparatif bagi kamu di dunia kerja. 

3. Peluang untuk mendapatkan karir lebih baik

Beberapa posisi pekerjaan kini mensyaratkan lulusan S2.  Dengan melanjutkan kuliah S2, kamu bisa mendapatkan kesempatan karir yang lebih baik. Juga terbuka luas untuk menjadi dosen di perguruan tinggi karena dibutuhkan pendidikan minimal S2 untuk menjadi dosen. 

Salah satu perguruan tinggi yang membuka penerimaan mahasiswa baru S2 adalah Universitas Indonesia (UI). Selain S2, UI juga menyelenggarakan pendidikan profesi dan spesialis.   Kuliah S2 di UI banyak diminati oleh lulusan S1 dari universitas-universitas swasta maupun negeri dari berbagai daerah di Indonesia. Bila kamu berminat, kamu bisa mengunjungi website www.penerimaan.ui.ac.id

Untuk beberapa prodi tertentu, tingkat persaingannya cukup ketat, hingga membutuhkan persiapan yang matang untuk mengikuti tes ujian masuknya yang dikenal dengan nama SIMAK UI (Seleksi Masuk UI). Bila kamu membutuhkan bimbingan agar bisa lulus tes SIMAK UI, kamu bisa mengunjungi website www.edukasiui.com atau menghubungi WA 085319908829. 


Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot