25 Tahun Cagar Budaya Situs Sangiran, Kemendikbud Gelar "SangiRun Night Trail 2021“

Sukarno | Abdul Rohman - Jumat, 29 Oktober 2021, 19:51 WIB

25 tahun Situs Cagar Budaya Sangiran, Kemendikbud25 tahun Situs Cagar Budaya Sangiran, Kemendikbud gelar ‘SangiRUN Night Trail 2021’/Instagram: sangirun.official

FIXJAKARTA.COM - Ajang olahraga lari malam SangiRUN: 25K Night Trail Run akan digelar pada 20-21 November 2021 mendatang. Gelaran olahraga ini merupakan gelaran yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan dan jajarannya dengan beberapa pihak lainnya dalam rangka 25 tahun Cagar Budaya Situs Saringan.

Rencananya, SangiRUN Night Trail akan  dibagi menjadi tiga acara utama.

Pertama adalah kompetisi lari antar komunitas yang akan melibatkan 25 pelari elite. Kedua, kompetisi 75 reguler runner yang akan diikuti juga oleh para selebriti dan influencer. Ketiga, selain lomba lari juga akan digelar ajang donasi pembelian 1000 karya home industry dan penyerahan bantuan kepada lansia yang tinggal di sekitar kawasan situs Sangiran.

Baca juga: Anak Usia 5 - 11 Tahun Akan Divaksin Awal 2022, Puan Berharap Vaksinasi tersebut Bisa Normalkan Duna Pendidikan

Ketua Panitia SangiRUN Night Trail 2021, Andre Donas mengatakan, alasan dipilihnya waktu malam karena trek lari sepanjang 25 kilometer akan dihiasi dengan instalasi cahaya pada titik tertentu seperti saat start dan finish.

"Sepanjang trek juga akan dilengkapi dengan forest video mapping dan ornamen yang menggambarkan evolusi manusia purba. Sepanjang lintasan lari juga akan diterangi oleh obor," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima FIXJAKARTA.COM, Jum'at 29 Oktober 2021.

Ajang SangiRUN: 25K Night Trail Run diselenggarakan untuk memperingati 25 tahun ditetapkannya Situs Cagar Budaya Sangiran sebagai salah satu warisan dunia oleh badan PBB UNESCO.

Diketahui, Situs Sangiran sebagai Warisan Budaya Dunia telah ditetapkan UNESCO Nomor 593 pada tahun 1996 dengan nama "The Sangiran Early Man Site".

Editor: Abdul Rohman

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot