21 Juni, Soekarno Wafat dan Jokowi Lahir

Alfanny - Senin, 21 Juni 2021, 9:58 WIB

Soekarno dan JokowiSoekarno dan Jokowi/Istimewa


FIXJAKARTA.COM.
   Hari ini, Senin 21 Juni 2021 merupakan hari yang istimewa karena bangsa Indonesia mengingat 2 peristiwa yang penting yaitu hari wafatnya presiden pertama RI Soekarno dan hari lahirnya presiden ke-7 RI Joko Widodo.

Bung Karno -panggilan akrab Soekarno- meninggal 21 Juni 1970 dalam kondisi yang menyedihkan karena menyandang status tahanan rumah rezim Orde Baru. Saat itu Bung Karno telah kehilangan kekuasaannya pasca peristiwa G.30.S tahun 1965.  Bung Karno dilengserkan pada Sidang Istimewa MPRS tahun 1967 setelah laporan pertanggungjawabannya yang berjudul "Nawaksara" ditolak MPRS. Soekarno dianggap bertanggung jawab atas peristiwa G.30.S yang menyebabkan sejumlah perwira tinggi dan menengah TNI-AD gugur. Pemakaman Bung Karno di Blitar dilepas ratusan ribu massa yang bersedih atas berpulangnya sang proklamator, sang putra fajar.

Jokowi -panggilan populer Joko Widodo- lahir 21 Juni 1961 dari keluarga sederhana. Jokowi muda pernah tinggal di bantaran sungai. Kehidupannya yang sederhana tidak membuat Jokowi putus asa. Selesai menamatkan pendidikan di UGM, Jokowi terjun menjadi pengusaha mebel yang cukup sukses. 

Kesuksesannya sebagai pengusaha mebel di Solo membuatnya dicalonkan menjadi Walikota Solo pada 2005 oleh PDIP dan PKB. Kemudian ia terpilih lagi untuk periode kedua pada 2010 dengan perolehan suara yang fantastis, 90% lebih.

Di tahun 2012, Jokowi mencoba peruntungan di Pilkada DKI Jakarta dan ia berhasil menjadi Gubernur DKI Jakarta hingga tahun 2014 ketika Jokowi secara meyakinkan mengalahkan politisi senior Prabowo Subianto dalam Pilpres 2014.  Sejak 2014, Jokowi menjadi presiden ke-7 RI hingga kini setelah pada Pilpres 2019, ia berhasil mempertahankan mahkotanya tersebut.

Setiap pemimpin pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, Soekarno dan Jokowi adalah takdir Tuhan untuk bangsa Indonesia. Mari kita doakan mereka berdua di tanggal istimewa ini, 21 Juni.

Editor: Alfanny

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot